Tuesday, May 18, 2010

Mengajar anak dengan down syndrome sign language

Anda mungkin tidak percaya, tetapi anak-anak dengan Sindrom Down biasanya sangat baik komunikator. Mereka belajar untuk berkomunikasi dengan cara ekspresi, perilaku, dan mime. Hal ini karena bahasa lisan sering berkembang perlahan-lahan pada anak-anak dengan sindrom Down, dan mereka akhirnya menggunakan bahasa isyarat sebagai alat untuk berkomunikasi.

Jika bahasa isyarat diperkenalkan pada waktu kelahiran, bayi dengan sindrom Down belajar untuk berkomunikasi. Hal ini membantu membangun ikatan yang lebih baik antara orangtua dan bayi. Bahasa isyarat juga membantu bayi dengan sindrom Down untuk mengembangkan kontak mata dan memperhatikan gerakan.
Menggunakan bahasa isyarat dengan anak-anak dengan sindrom Down, membantu anak-anak untuk menghubungkan arti kata yang diucapkan, dan juga membantu mereka untuk menjadi lebih responsif dan perhatian terhadap sekitar mereka yang membantu mereka untuk mempelajari bahasa. Namun, banyak orangtua anak-anak dengan sindrom Down ketakutan bahwa pengajaran bahasa isyarat untuk anak-anak dengan sindrom Down dapat membuat mereka pergi dengan menggunakan kata-kata yang diucapkan. Namun, penelitian telah membuktikan sebaliknya. Anak-anak dengan sindrom Down, yang belajar bahasa isyarat, benar-benar menjadi kurang bergantung pada gerak-gerik dan tanda-tanda seperti mereka belajar untuk berbicara.

Jika Anda ingin mengajarkan bahasa isyarat kepada anak Anda dengan sindrom Down, lebih baik untuk memulai dengan cara yang sederhana. Penting untuk menandatangani hanya beberapa kata-kata penting dan tanda-tanda harus diulangi sesering mungkin sehingga anak dapat melekatkan makna pada tanda. Anda harus memastikan bahwa anak memandangi anda ketika anda mendaftar sehingga ia tidak kehilangan apa yang Anda lakukan dengan tangan Anda. Penting untuk berbicara selama Anda menggunakan Bahasa Isyarat tapi pastikan Anda menjaga bahasa yang diucapkan sesederhana mungkin. Anda juga harus menggunakan ekspresi wajah yang tepat untuk pergi dengan tanda sehingga anak dapat melampirkan lebih banyak makna untuk apa yang Anda katakan.

Jangan berkecil hati jika anak Anda tidak merespon segera. Jika perlu, secara fisik mengajarkan anak bagaimana cara menggunakan tanda-tanda dan terus mendorongnya untuk menyalin gerakan. Pengajaran bahasa isyarat untuk anak-anak dengan sindrom Down memang membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan, tetapi hasil dari semua kerja keras ini akan sangat berguna ketika anak Anda mulai berkomunikasi secara efektif dengan Anda.

Sumber : http://www.scumdoctor.com/Indonesian/disease-prevention/down-syndrome/teaching-children-with-down-syndrome-sign-language.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment