Sunday, May 2, 2010

Tips agar anak Autis mau di ajak bicara

Sindrom antisosial, yang menghinggapi anak-anak mulai usia 2 tahun ini, terlihat dari keengganan pengidapnya untuk berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain. Hal ini menyebabkan anak autis terkadang tidak menyatu dengan lingkungan. Akibatnya, orangtua jadi sulit untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan si anak.

Agar Anda dapat mengajak anak autis berkomunikasi lebih baik, ikuti tips dari sekolah autis D'Knot berikut:

  1. Jadilah teladan. Biasakan untuk fokus mendengarkan anak ketika ia sedang berbicara, maka mereka juga akan mencontoh.

  2. Saat berbicara, pastikan Anda mendapatkan perhatian penuh dari si anak. Bila ia sedang sibuk, tunggulah hingga ia siap mendengarkan Anda. Misalnya dengan mematikan TV atau radio yang bisa membuatnya berkonsentrasi pada Anda.

  3. Bicaralah sebagai sahabat, bukan orangtuanya. Anak autis akan lebih menaruh perhatian pada orangtua yang menempatkan mereka sebagai sahabat. Coba saja perhatikan, mereka akan lebih menaruh perhatian saat berbicara dengan sahabatnya.

  4. Sampaikan pesan dengan suara jelas, berintonasi, dan singkat! Contohnya, "Ayo makan malam sekarang, yuk!". Hindari kata, "Wah, sudah jam berapa ini? Sudah lapar belum? Kita makan yuk, nanti kemalaman lho. Kalau kemalaman, besok bangunnya kesiangan."

  5. Sesuaikan pemilihan kata-kata sesuai dengan usianya.

  6. Beri contoh, misalnya untuk makanan. Jika Anda menyuruhnya untuk makan sayur, maka Anda yang harus lebih dulu memberikan contoh. Selain itu, lakukan dengan konsisten.

  7. Biasakan berbicara hanya sekali saja, dan tidak mengulang. Namun buat ia mendengarkan dengan seksama. Jika ia menunda, maka berikan hukuman (non fisik).

  8. Asah agar keterampilannya untuk mendengarkan menjadi lebih baik. Seperti yang kita tahu, anak autis tidak suka berbicara, namun senang membaca dan mendengarkan musik. Anda bisa memperdengarkan musik atau membacakan buku cerita padanya.

  9. Berkomunikasilah setiap hari. Ajak ia untuk lebih sering mengikuti setiap kegiatan yang ia gemari.

Sumber :

http://www.dechacare.com/Tips-Agar-Anak-Autis-Mau-Diajak-Bicara-I793.html


No comments:

Post a Comment