Sunday, May 2, 2010

SARAPAN PAGI PORSI BESAR TURUNKAN BERAT BADAN

NEW YORK. Dr. Danaiela Jakubowicz dari Hospital de Clinicas di Caracas, Venezuela, mengungkapakan, menjaga berat badan dapat dialakukan dengan sarapan pagi dengan porsi besar. Adapun makanan yang dikonsumsi harus makanan kaya protein dan karbohidrat. Sementara untuk menu makan siang dan malam harus berupa makanan yang kaya serat, seperti buah dan sayur.

Menurut Dr. Daniela, sarapan pagi dengan porsi besar dapat mengendalikan rasa lapar serta membatasi jumlah konsumsi gula. Dr. Daniela menyarankan agar pelaku diet juga melakukakn olahraga secara rutin dan sesuai porsi. Dr Daniela mengklaim bahwa para paiennya sukses menjaga berat badan dengan diet ala sarapan pagi porsi besar selama 15 tahun terakhir.

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi sedikit karbihidrat sangat baik untuk menurunkan berat badan. Padahal, hal itu dapat melemahkan metabolism yang akhirnya membuat orang mengonsumsi gula. Hal ini akan membuat mereka yang turun berat badannya dengan cara itu, cepat kembali gemuk.”

Dalam meneliti diet tersebut, Dr Daniela bekerja sam dengan sejumlah ilmuwan di Virginia Commonwealth University, Richmond. Dia dan Timnya selanjutnya melakukan uji cobe diet itu kepada 94 wanita denagn berat badan berlebih. Sebanyak 46 wanita melakukan diet dengan sarapan pagi porsi kecil, sdangkan 48 lainnya diet dengan sarapan pagi porsi besar.

Pada empat bulan pertama tidak terlihat adanya perbedaan penurunan berat badan. Namun, pada bulan kedelapan, mereka dengan diet sarapan pagi porsi besar lebih memiliki berat badan ideal. Mereka juga dalam kondisi yang sehat karena tidak kekurangan karbohidrat.

Dr Daniela menegaskan, kunci keberhasilan dietnya adalah dengan membatasi konsumsi kalori dan lemak pada saat makan siang dan malam. Dengan demikian, pelaku diet dapat membatasai asupan zat-zat yang dapat memicu kegemukan.


No comments:

Post a Comment